Minggu, 04 Desember 2011

The Nominated Departments

Walaupun hidup harus dinikmati bagaimanapun pahitnya, tapi kita tetap harus memiliki target yang ingin dicapai.
Sekarang waktunya mencari lagi jurusan perguruan tinggi. Beberapa waktu yang lalu, aku udah mantep dengan Perencanaan Wilayah & Kota, tapi setelah dilihat-lihat lagi, target yang aku pasang ini, terasa kurang tinggi (tanpa bermaksud merendahkan, ini cuma dilihat dari perkiraan passing grade dari GO). Jadi aku memasang ini sebagai pilihan kedua. Nah, masalahnya sekarang aku belum punya plan A.
Aku mau nyoba memasangkan jurusan-jurusan berpassing grade tinggi dengan kemampuanku. Ini 10 besar passing grade di UGM.

1. Kedokteran Umum

Ini jurusan favorit para manusia dengan IQ di atas rata-rata. Dilihat dari namanya aja aku udah males masuk kesini. Atau mungkin tepatnya otakku gak kuat. Selain perebutan kursinya yang luar biasa sulit(semacam DPR gitu), aku juga ga mau berurusan sama orang sakit dan mati. Kesannya ngeri aja. Bayangin aja besok kamu buka praktek hari pertama, ada pasien masuk angin, periksa, kamu kasih obat, besoknya dia mati. Walaupun matinya belum mesti gara-gara obat yang kamu kasih, tapi kamu mesti inget terus pasien pertama kamu itu.

2. Ilmu Komputer

Kalo ada embel-embel "ILMU", ini pasti ngarahnya ke Ilmu murni ya? Sudahlah, sepertinya aku bukan tipe orang yang otaknya bakal bertahan sama ilmu murni.

3. Elektronika dan Instrumentasi

Gosipnya adalah pecahan dari teknik Elektro. Katanya dulu ini adalah mata kuliah yang cukup berat, jadi dijadiin jurusan sekalian. Nah, Kayanya asyik nih, ngrakit-ngrakit alat listrik, mbikin robot, dan sejenisnya. Bisa dicoba ini.

4. Teknik Kimia

Teknik yang aku sendiri belum tahu bakal ngapain kerjanya. Denger-denger, bakal dibutuhin di perusahaan-perusahaan energi, misal chevron, freeport, dll. Denger-denger juga sih gajinya bisa segaban. Asyik tuh. Tapi kalo kerja di perusahaan energi gitu, misal nanti kerjanya di pertambangan, kan jauh dari keluarga tuh, aku masih mikir-mikir juga.

5. Fisika Teknik

Ini semacam Teknik Fisika gitu? atau Fisika, tapi yang dipelajari fisika-fisika dalam teknik gitu? entahlah.

6. Teknik Elektro

Sama kaya Elins

7. Teknik Industri

Nah, ini nih. Sebelum minat ke PWK, aku awalnya pengen kesini. Tapi setelah ngobrol-ngobrol sama mbak dan mas dari Teknik Industri salah satu perguruan tinggi swasta di acara ini, aku kok ngerasanya hal yang dipelajari di Teknik Industri ini terlalu luas ya? Mulai dari namanya aja teknik, kan berarti udah berbau fisika dan kimia, terus ada juga manajemen sumber daya manusia juga, ergonomika (biologi),  ekonomi, dan beberapa ilmu lagi. Mungkin rasanya kembali lagi ke masa sekolah, belajar dengan mapel seabrek. Tapi tetep aku masih ada "rasa" sama jurusan ini. hehe

8. Teknik Nuklir

Ini dia, jurusan yang mengandung resiko besar dengan bayaran yang besar pula. Katanya kalo mau kerja di bidang ini, harus dah punya anak. Berarti siap-siap mandul kan? Iya kalo "cuma" mandul, kalo ga sengaja kena radiasi, terus kita bermutasi jadi Hulk gimana? Repot ntar, ga ada yang njamin bahwa hidup jadi Hulk itu menyenangkan.

9. Farmasi

Hmm. . . No Comment

10. Pendidikan Dokter Gigi

Seperti yang sudah dibahas tadi-tadi, untuk jurusan yang berbau kesehatan-kesehatan gitu,  nampak tidak sexy untukku. Jadi, tidak perlu dibahas lagi.

Nah, itu dia review jurusan dengan passing grade tertinggi di UGM versi SMS GO. Kalo untuk aku, diurutin dari awal, yang mungkin buatku: Teknik Elektro atau Elins, Teknik Kimia, Teknik Industri. Tapi entahlah. Yanng jelas salah satu pilihanku besok ada Perencanaan Wilayah dan Perkotaan / Planologi / Kewilayahan / dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Express your Mind about The Knight in this rule-free wall