Sabtu, 03 Desember 2011

Deliverance


Tugas Analisis Lagu
Deliverance
Yanni
Saat membawakan lagu Deliverance ini, orkestra yang dikonduktori oleh Armen Annasians terlihat sangat menghayati lagu yang dipelajari. Penampilan choir yang terdiri dari empat orang penyanyi, pemain flute(atau seruling), Karen Briggs, sang violinist, dan sang drummer membuat lagu ini mendapatkan feelnya. Tak lupa juga modifikasi dari synthesizer sang komposer, Yanni, semakin menyempurnakan penampilan orkestra di depan Taj Mahal.
Dari lagunya, tema yang dibawakan sangatlah dinamis. Pada awalnya, suasana ketimur tengahan, lalu china, dan akhirnya suasana dibawa ke tanah barat. Tentu saja tidak menghilangkan suasana sebelumnya, sisipan musik-musik asia tetap dibawakan oleh Yanni. Alur yang dibawakan juga berpindah-pindah, kadang cepat, lalu lambat, dan kembali ke cepat lagi. Namun dalam membawakan alur, komposer kelahiran yunani ini sangatlah halus. Pendengar tidak terasa bahwa alurnya sudah berganti sedemikian rupa. Ini berkat kekompakan para pemain orkestra yang dapat diacungi jempol.
Sisipan-sisipan alat musik yang bernuansa orkestra, seperti: biola, dan harpa, menjadikan lagu ini lebih berwarna dalam perbendaharaan alat musik. Flute, ketipung, dan synthesizer dari Yanni lah kunci suasana dari lagu ini, tentu saja selain vokal(choir). Terlihat penonton yang berada di lokasi saat perekaman lagu ini sangat menghayati lagu yang terkesan lux ini.
Ending dari lagu ini terkesan mengagetkan karena alur yang dibawakan sebelum menit-menit lagu ini berakhir, dimainkan semakin keras, semakin keras, semakin keras dan akhirnya langsung berhenti. Membuat jantung pendengarnya berdebar saat detik lagu itu berhenti.
Keseluruhan, pembawaan dari lagu deliverance ini terlihat sangat sempurna. Rangkaian melodi, aksi panggung pemain solo, totalitas, dan kekompakan dari orkestra ini membuat pendengarnya mudah larut terbawa suasana dari lagu yang dibawakan.



Muh. S. Satrio Ajie W.
XII IPA 2
28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Express your Mind about The Knight in this rule-free wall